Lima Cara Ampuh untuk Mengoptimalkan Battery Health iPhone

Posted on

Biasanya, kapasitas daya baterai pada iPhone dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti membiarkannya mati pada saat baterai habis atau overcharged. Akan tetapi, tak perlu khawatir, sebenarnya terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan sebagai tips ampuh mengoptimalkan battery health iPhone Anda, lho. Yuk, scroll down untuk menyimak penjelasannya lebih lanjut!

mengoptimalkan battery health iPhone
pixabay.com

Beberapa Cara untuk Mengoptimalkan Battery Health iPhone

Salah satu persoalan yang kerap menjadi keluhan para pengguna iPhone yaitu kapasitas baterai yang mengalami penurunan signifikan sesudah pemakaian selama beberapa bulan. Oleh karena itu, baterai iPhone tersebut menjadi cepat habis dan harus sering Anda isi dayanya.

Bukan hanya menyulitkan bagi penggunanya, terlalu sering mengisi daya ponsel tentunya lebih boros listrik, bukan? Untuk mengatasi permasalah tersebut, berikut ini terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan battery health iPhone Anda.

Kalibrasi Baterai Otomatis

Kabar gembira bagi para pengguna iPhone 11 series! Sebab, iOS 14.5 menawarkan fitur kalibrasi baterai khusus yang tersedia pada iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan juga iPhone 11 pro max. Kalibrasi sendiri punya tujuan untuk mengecek serta mengatur ulang kapasitas baterai maksimum supaya lebih akurat.

Sederhananya, data kapasitas maksimum serta peak performance dapat diperbarui. Proses kalibrasi ulang pada iOS 14.5 tersebut berjalan secara otomatis karena terintegrasi langsung dengan sistem. Selama proses kalibrasi berlangsung, pengguna dapat mengetahui notifikasi pada menu Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai.

Kalibrasi Baterai Secara Manual

Jangan berkecil hati untuk para pengguna iPhone yang lainnya. Karena, proses kalibrasi baterai untuk mengoptimalkan battery health iPhone juga dapat Anda lakukan secara manual. Artinya, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan supaya sistem dapat memperbarui data kapasitas maksimum baterai.

Namun, sebelum Anda melakukan kalibrasi secara manual, pastikan Anda sedang tak memakai iPhone. Sebab proses kalibrasi memakan waktu yang tidak sebentar. Melansir dari ‘Makeuseof’, berikut merupakan langkah-langkah kalibrasi manual yang bisa Anda praktekkan.

  • Habiskan baterai iPhone sampai benar-benar mati
  • Tunggu sampai 3 jam dalam posisi mati
  • Isilah daya baterai hingga mencapai 100% lalu tunggulah selama 2 jam sebelum Anda cabut
  • Lakukan proses tersebut sekali lagi, mulailah dari awal prose awal sampai akhir

Matikan Fitur Ketika Tidak Terpakai

iPhone menawarkan banyak fitur keren yang memberi kemudahan serta kenyamanan untuk para penggunanya. Tetapi, tak dapat dipungkiri, kehadiran beragam fitur tersebut juga menjadikan konsumsi baterai lebih boros. Fitur-fitur tersebut seperti location service airdrop, bluetooth, erta find my iPhone. Sehingga dengan mematikan beberapa fitur itu bisa mengoptimalkan battery health iPhone.

Hindari juga untuk menyalakan brightness terlalu tinggi. Tampilan layar adalah salah satu yang paling banyak mengkonsumsi daya baterai. Untuk para pengguna iPhone, Anda disarankan menyalakan fitur auto brightness yang bisa menyesuaikan kecerahan layar dengan pencahayaan di lingkungan sekitar guna menghemat daya baterainya.

Aktifkan Low Power Mode

Apabila tak ingin menonaktifkan sejumlah fitur secara manual, maka sebagai gantinya Anda dapat mengaktifkan low power mode. Rancangan fitur ini memang khusus untuk menghemat masa pakai baterai iPhone, khususnya ketika persentase baterai mulai menipis. Anda tinggal membuka menu Pengaturan > Baterai untuk mengaktifkannya.

Low power mode bisa mempengaruhi beberapa fitur, seperti unduh secara otomatis, menyalakan kunci otomatis selama 30 detik, serta jeda sementara untuk foto iCloud. Indikator bahwa low power mode tengah menyala yaitu lampu baterai jadi kuning. Sesudah mengisi daya sampai lebih dari 80%, mode tersebut akan mati secara otomatis.

Aktifkan Optimasi Pengisian Daya Baterai

iOS 13 pertama kali memperkenalkan fitur ini dengan tujuan memperpanjang usia baterai iPhone. Cara kerjanya dengan memakai machine learning, dimana sistem akan mempelajari kebiasaan pengisian daya baterai pada iPhone.

Sejumlah orang terbiasa mengisi baterai semalaman penuh. Guna mencegah kehausan baterai, algoritma iPhone bakal menunda serta mengurangi waktu yang dihabiskan untuk pengisian baterai secara penuh. Tetapi, pada jam-jam tertentu ketika penggunanya terbangun, baterai iPhone sudah mencapai 100%.

Nah, itu tadi beberapa cara untuk mengoptimalkan battery health iPhone. Anda bisa mencoba langkah-langkah tersebut guna mencegah penurunan battery health. Tetapi, apabila kapasitas maksimum iPhone tidak lekas membaik, Anda dapat berinvestasi dengan membeli baterai iPhone yang baru, ya!