Keunggulan Apple iPhone 13 Mini, Ponsel FlagShip yang Wajib Anda Miliki

Posted on

Anda ingin mempunyai ponsel flagship, namun kerap merasa ilfeel karena bodinya yang bongsor serta bobotnya yang tergolong berat? Anda tidak perlu risau, sebab ada Apple iPhone 13 mini yang siap untuk memberikan solusi permasalahan Anda.

Ya, kecil-kecil cabe rawit merupakan slogan yang tepat untuk menggambarkan salah satu varian dari iPhone 13 series ini. Walaupun memiliki ukuran mungil, namun faktanya ia dikemas dengan berbagai inovasi serta kualitas flagship khas Apple. Hal tersebut, tentu menjadi suatu alternatif ketimbang iPhone 13 Pro Max, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 yang cenderung memiliki dimensi relatif besar.

Apple iPhone 13 mini
youtube.com

Spesifikasi Apple iPhone 13 Mini

iPhone 13 mini ini memiliki layar Super Retina XDR OLED dengan ukuran 5.4 inch. Untuk chipsetnya berupa Apple A15 Bionic. Nah, untuk kapasitas RAM pada iPhone 13 mini ini yakni sebesar 4 GB, dengan pilihan kapasitas penyimpanan internal yaitu 512 GB, 256 GB, dan 128 GB.

Sedangkan kamera pada iPhone 13 mini adalah 12 MP (wide) dan 12 MP (ultrawide). Nah, untuk baterainya yaitu Li-on 2438 mAh.

Harga iPhone 13 mini saat rilis dibanderol dengan harga sebesar Rp 12.999.000. Bagaimana? Anda tertarik untuk memilikinya?

Kecil bukan berarti powerless, hal tersebut dibuktikan pada Apple iPhone 13 mini yang memiliki segudang keunggulan yang dapat Anda nikmati. Latas apa saja yang menjadi kelebihannya?

Body yang Ramping

Salah satu yang menjadi selling point utama yang dimiliki oleh iPhone 13 mini ini tampaknya adalah ukurannya yang cukup mungil dan ramping.

Tentunya, ini adalah termasuk HP flagship yang dapat dengan mudah untuk masuk ke dalam saku celana maupun hanya dioperasikan menggunakan satu tangan. Hal tersebut sudah pasti memudahkan Anda ketika berselancar di dunia maya atau saat merekam video.

Ponsel tersebut mempunyai dimensi panjang, lebar, serta ketebalan sebesar 131,5 x 64,5 x 7,7 mm dengan berat hanya sejumlah 141 gr saja.

Meskipun iPhone 13 mini ini masih lebih berat dibandingkan dengan iPhone 12 mini yang memiliki berat 135 gram, akan tetapi tetap saja ponsel ini adalah satu flagship paling ringan di dunia.

Performa Chipset yang Tak Ada Duanya

Apabila pada generasi sebelumnya, sebagai chipsetnya masih memakai Apple A14 Bionic, saat ini iPhone 13 series sudah menggunakan Apple A15 Bionic. Tentu saja membuat Apple iPhone 13 mini ini lebih powerful lagi.

Chipset tersebut membawa CPU hexa core yang mempunyai dua inti performa tinggi bernama Avalanche. Serta  inti hemat daya Blizzard.Tak hanya itu, chipset ini juga diklaim mempunyai performa 50 persen lebih cepat ketimbang kompetitor yang mengandung 15 miliar transistor. Serta mempunyai neural engine yang bisa menjalankan sejumlah 15,8 triliun pengoperasian setiap detiknya.

Pada laman AnTuTu.com mencatat bahwa iPhone 13 mini berhasil mencapai skor benchmark hingga 786 ribuan, masih lebih unggul ketimbang Xiaomi Mi Ultra. Akan tetapi, tetap lebih rendah jika dibandingkan dengan sejumlah ponsel gaming Android, misalnya nubia Red Magic 6 Pro dan ASUS ROG Phone 5.

Dibekali dengan Sensor Ultra Wideband

Seluruh varian iPhone 13 series hadir dengan Sensor Ultra Wideband yang merupakan sebuah sarana untuk berkomunikasi rendah daya antar perangkat. Dengan menggunakan bandwidth tinggi yang mendatangkan beragam fungsi.

Misalnya saja ketika memasangkan AirTac pada benda-benda seperti kunci, dompet, atau tas, iPhone 13 mini tersebut dapat mendeteksi keberadaannya. Caranya yaitu dengan memberikan arahan berupa petunjuk tanda panah untuk menuju tempat tersebut.

Dengan demikian, Apple iPhone 13 mini menjadi salah satu perangkat pendukung ekosistem Smart Home. Terlebih lagi, ponsel ini memang telah mendatangkan koneksi internet yang super cepat berkat dari konektivitas 5G-nya yang lengkap (pita jaringan n3 serta n40 yang didukung di Indonesia) dan Wifi 6.

Tampilan Layar yang Menakjubkan

Kelihatannya, iPhone 13 mini ini hanya mempunyai sedikit peningkatan ketimbang pendahulunya. Keduanya, sama-sama rilis dengan panel layar Super Retina XDR OLED yang berukuran 5,4 inch. Resolusinya yaitu 1080 x 2340 pixel. Sementara, untuk aspek rasionya yaitu 19,5 : 9 serta mengusung kerapatan pixel yakni 476 ppi.

Kualitas tampilan layar tersebut begitu menakjubkan, karena dukungan sertifikasi HDR10 serta Dolby Vision untuk memperlihatkan konten video dengan kontras rasio yang tinggi. Layar ini menawarkan tingkat kecerahan manual yaitu 800 nit (HBM) dan mempunyai kecerahan puncak hingga 1200 nit ketika Anda menikmati konten HDR.

Pengujian lab GSMArena juga ikut memberikan klarifikasi atas klaim tersebut, tercatat bahwa ponsel tersebut bahkan dapat meraih sampai 831 nit pada posisi brightness 100 persen. Lebih tinggi dibandingkan iPhone 12 mini dengan 627 nit.

iPhone 13 mini ini juga mempunyai tingkat kecerahan yang cukup tinggi di atas rata-rata, maka menjadikannya tetap mudah Anda gunakan. Meskipun ketika Anda berada di luar ruangan dengan sinar matahari yang cukup silau.

Kemampuan Baterai Meningkat

Pada tahun 22030, Apple tak mau menerima kekalahan karena iPhone 2 mini tidak laku di pasaran. Hal ini karena baterainya yang tidak bertahan lama. Sehingga membuat iPhone 12 mini menjadi varian dengan jumlah penjualan paling sedikit ketimbang varian yang lain.

Bukan disebabkan oleh efisiensi dayanya yang kurang baik, akan tetapi karena kapasitas baterainya yang memang relatif kecil.

Hal tersebut pada akhirnya diperbaiki pada iPhone 13 mini. Meskipun ponsel ini tetap menjadi varian dengan kapasitas baterai paling kecil ketimbang varian lain. Akan tetapi sekarang ini menawarkan kemampuan baterai yang lebih awet jika dibandingkan iPhone 12 mini.

Melansir dari PCMag.com, Apple iPhone 13 mini dapat bertahan sampai dengan 12 jam pada pemutaran video playback. Hal ini lebih baik apabila dibandingkan dengan iPhone 12 mini yang hanya bisa bertahan selama 10 jam dengan kegiatan yang sama.

Iphone 13 mini juga berhasil mengalahkan iPhone 12 reguler yang mempunyai ketahanan hanya sekitar 11 jam. Diketahui, bahwa iPhone 13 mini ini sendiri mempunyai kapasitas baterai sebesar 2438 mAh. Notabenenya 10% lebih tinggi jika dibanding generasi sebelumnya.

Meskipun tidak sebagus varian-varian di atasnya, paling tidak terdapat peningkatan baterai pada Apple iPhone 13 mini ini. Sebab, hal ini juga akan meningkatkan kecenderungan bagi calon konsumen yang akan memilihnya. Toh bagaimanapun juga, kurang realistis juga apabila mengharapkan baterai yang memiliki ukuran besar bisa cukup pada HP sekecil ini.